Struktur Organisasi
Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK)
Minhajut Thalibin


  • Uraian Tugas :

1. Ketua BLKK
- Menyusun rencana program dan kegiatan ketatausahaan berdasarkan prioritas sesuai RPJMD, Renstra, agar menghasilkan Dokumen Rencana Kerja Tahunan, RKA, dan DPA; 
- Menyusun kebijakan teknis, koordinasi, fasilitasi program pelatihan kerja 
- Menyusun rencana dan pelaksanaan kegiatan pelatihan ,serta Kerjasama pelatihan. 
- Menyusun dan menyebarluaskan informasi pelatihan kerja. 
- Melakukan pelatihan dan uji keterampilan/uji kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja. 
- Melakukan TNA (Training Need Analysis) dalam rangka mendekatkan kurikulum silabus dengan dunia kerja. 
- Mendayagunakan fasilitas pelatihan dan pelayanan kepada masyarakat. 
- Memantau dan mengendalikan latihan kerja. 
- Menyiapkan bahan laporan kinerja instansi pemerintah LKPJ, LPPD, RLPPD dan laporan kegiatan unit 
- Menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan

2. Sekretaris dan Bendahara
- Menyusun rencana program langkah-langkah operasional kegiatan ketatausahaan. 
- Memproses surat masuk dan keluar dan mendokumentasikan. 
- Menyiapkan bahan konsep program dan koordinasi pelatihan kerja. 
- Menyiapkan bahan pengelolaan urusan tata usaha.
- Menyiapkan bahan dan proses urusan kepegawaian. 
- Menyiapkan bahan dan proses perlengkapan kantor. 
- Menyiapkan bahan dan konsep inventarisasi dan pemeliharaan barang. \ Menyiapkan bahan dan konsep administrasi keuangan DPA. 
- Memeriksa dan meneliti SPJ serta kelengkapannya. 
- Mengidentifikasi permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan tugas. 
- Menyusun laporan tentang pelaksanaan kegiatan BLK.

3. Instruktur dan Tenaga Pelatihan 
- Menyiapkan rencana program kegiatan pelatihan kerja. 
- Merencanakan uji kompetensi melalui sertifikasi. 
- Menyelenggarakan pengembangan program pelatihan kerja. 
- Menyusun kurikulum, silabus dan modul pelatihan kerja.
- Melaksanakan rekruitmen dan seleksi peserta pelatihan kerja. 
- Menyusun jadwal kegiatan pelatihan kerja. 
- Menyelenggarakan pelatihan kerja .
- Menyusun laporan penyelenggaraan pelatihan kerja sesuai aturan yang telah ditetapkan. 

4. Rekrutmen/Perlengkapan
- Merawat dan memperbaiki alat praktek/komputer, mesin pengganda dan melaporkan kepada pimpinan. 
- Membuat laporan kebutuhan alat praktek, dan bahan-bahan pendukung lainnya untuk kegiatan lab. Komputer. 
- Menjaga dan merawat keber sihan ruangan lab. Komputer. 
- Mengelola inventaris lab. Kom puter dengan memberi nomor kode barang. 
- Melaksanakan tugas lain yang relevan dari atasan. 
- Memperkenalkan/promosi lembaga kepada masyarakat. 
- Membuat spanduk di lingkungan lembaga atau di luar lembaga. 
- Menjalin kerjasama dengan dunia usaha/industri dalam hal penyaluran lulusan. 
- Membantu tugas-tugas dari karyawan lain pada saat dibutuhkan. 
- Melaksanakan tugas lain yang relevan dari atasan.